Beranda > banjir > Markas Yonif 613 Raja Alam Tarakan Terendam Air

Markas Yonif 613 Raja Alam Tarakan Terendam Air

[ Sabtu, 16 Januari 2010 ]

TARAKAN – Banjir tidak memilih sasaran. Markas Batalyon Infanteri (Yonif) 613 Raja Alam Tarakan pun tidak luput dari genangan air, setelah hujan deras mengguyur kota itu selama dua hari berturut-turut. Di beberapa titik di kompleks batalyon, genangan air mencapai dua meter.

Komandan Yonif 613 Raja Alam Letkol Inf IGN Tri Joko Sulistyo menuturkan bahwa hujan deras yang turun dua hari itu tergolong luar biasa. ”Kalau hujan setengah hari tidak masalah, tapi ini dua hari,” kata Joko di sela-sela memantau banjir di sekitar kompleks batalyon.

Menurut Joko, banjir terparah yang pernah terjadi di kompleks itu adalah sekitar 2005. Saat itu semua perumahan tenggelam. Sebenarnya sudah dilakukan pemecahan dengan memperbaiki drainase. ”Namun, itu saja belum cukup karena memang kurang tinggi dan tanahnya labil,” jelasnya.

Dia mencotohkan pos jaga 1 yang tanahnya terus turun. Bahkan, pos tersebut sudah tiga kali ditinggikan. ”Karena posisi tanah labil, pos terus turun. Akibatnya, buangan air dari gunung di belakang asrama berkumpul di pos 1.”

Banjir kemarin itu merugikan batalyon tersebut. Kolam ikan dan perkebunan yang dikelola batalyon rusak. ”Ya rugilah, belum juga panen,” cetusnya.

Yang bisa diselamatkan adalah gudang persenjataan. Hal itu tidak lepas dari antisipasi yang sudah dilakukan dengan membuat rak senjata dengan posisi lebih tinggi. ”Helipad juga aman karena memang dibangun lebih tinggi,” tambahnya. (ddq/jpnn/ruk)

sumber : jawapos

Kategori:banjir Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: