Beranda > pencemaran > Puluhan Ton Minyak Hitam Cemari Pantai Tanjung Memban

Puluhan Ton Minyak Hitam Cemari Pantai Tanjung Memban

[ Senin, 18 Januari 2010 ]

BATAM – Pantai Tanjung Memban, Nongsa, Batam, menghitam. Puluhan ton minyak mentah mencemari bibir pantai tersebut sejak Kamis (14/1). Sampai kemarin (17/1), warga masih berusaha membersihkan pantai itu dari limbah pekat tersebut.

Kepala Bidang Penegakan Hukum Bapedalda Kota Batam Safrial memperkirakan, limbah minyak hitam yang mencemari pantai tersebut mencapai 40 ton. Semula, dia memperkirakan perlu waktu setidaknya lima hari untuk membersihkan pantai itu. “Namun, melihat banyaknya limbah, pembersihan bisa jadi memakan waktu sepuluh hari,” tambahnya.

Safrial menjelaskan, limbah yang sudah berhasil dilokalisasi dimasukkan dalam baby bag, lalu dikumpulkan menjadi satu dalam jumbo bag berkapasitas 700 kilogram. Limbah tersebut disimpan di Kawasan Pengolahan Limbah Industri (KPLI) Kabil untuk selanjutnya dikirim ke PT Prasadha Pamunah Limbah Industri, Bandung. “Di sanalah limbah itu dimusnahkan,” paparnya.

Menurut Safrial, hingga saat ini belum ada pihak yang dipanggil untuk dimintai keterangan atau diperiksa. Namun, Bapedalda Kota Batam telah melaporkan kasus tersebut ke Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk selanjutnya dikoordinasikan dengan Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).

Sampai kemarin, warga masih mengumpulkan limbah itu ke dalam baby bag dan jumbo bag. Untuk pengerjaan tersebut, mereka mendapat upah Rp 100 ribu per orang per hari, ditambah makan dua kali sehari. (a/uma/jpnn/ruk)

sumber : jawapos

Kategori:pencemaran Tag:,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: